Selasa, 12 Maret 2013

Jaringan Dasar, Kelenjar, Membran

Jaringan dasar  dibagi menjadi empat kelompok yaitu jaringan epitel, jaringan muskulus (otot), jaringan saraf (nervus), dan jaringan ikat (konektif). Jaringan epitel merupakan sel yang menutupi permukaan tubuh, antara lain pembulu darah dan sel saluran napassemua epitel terletak di atas bahan homogen yang disebut membran alas (dasar), yang juga mempersatukan sel-sel itu.
Gambar jaringan :







 

Kelenjar adalah organ sekretorik yang terdapat sebagai organ terpisah, seperti hati, pankreas, dan limfe; tetapi juga dapat berupa hanya satu lapis sel, seperti kelenjar tubular sederhana pada saluran pencernaan, rongga tubuh, dan sebagainya. Semua kelenjar mendapatkan aliran darah yang cukup besar. Fungsi khususnya adalah memisahkan bahan-bahan tertentu dari aliran darah, yang kemudian diolah menjadi getah atau sekret yang penting. Berbagai ragam kelenjar terdapat dalam tubuh dengan fungsi yang berbeda.

Membran adalah Lapisan sel yang mengkhususkan diri menyelaputi rongga-rongga badan. tiga membran terpenting adalah :

  1. Membran mukosa (selaput lendir)
  2. Membran sinovial (selaput sinovial) 
  3. Membran serus (selaput serosa )

Membran mukosa  adalah mebran yang melapisi saluran pernapasan, pencernaan, dan saluran urogenital.

Membran sinovial melapisi lekuk sendi-sendi. Membran ini terdiri atas jaringan ikat yang halus dengan lapisan sel endotel gepeng pada permukaan. Sekret membran sinovial kental dan licin seperti is telur mentah.

Membran serus (selaput serosa) dijumpai dalam dada dan abdomen, menutupi organ-oragan yang ada di dalamnya dan melapisi rongga itu.
  • Pleura membungkus paru-paru dan melapisi toraks
  • Perikardium membungkus jantung dengan dua lapisan
  • Peritoneurn membungkus organ-organ abdominal dan melapisi abdomen.
Ciri-ciri umum yang terdapat pada ketiga membran sel itu adalah masing-masing mempunyai lapisan rangkap dua dan di sana-sini dapat dijumpai cekungan yang menampung cairan yang disekretkan membran. Cairan serus ini sangat mirip dengan serum darah atau limfe bertugas meminyaki dan selain itu juga mengandung bahan pelindung. Menyingkirkan produk yang berbahaya, serta mengirimkannya ke sistem saluran limfe untuk dihancurkan

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar