Rabu, 06 Maret 2013

Olahraga Tradisional Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki berbagai macam suku, ras, budaya, alam yang indah serta olahraga tradisional yang akan saya bahas. Olahraga sangat baik untuk tubuh. mengapa ?? sebab olahraga sangat di butuhkan oleh tubuh untuk membakar kalori, melati otot, sendi, organ dan saraf. Bila kita jarang berolahraga kita akan mudah terserang penyakit-penyakit salah satu contoh penyakit kurang gerak.

Tetapi manusia zaman sekarang sebagian besar menghabiskan waktu di depan komputer, merokok, menonton televisi, duduk bersandar dll perilaku seperti ini sangat berbahaya menurut American Cancer Society pada Juli 2010, 94 persen wanita dan 48 persen pria menghabiskan waktu dengan duduk atau tidak aktif selama 6 jam sehari memiliki risiko meninggal lebih cepat daripada mereka yang aktif dan duduk kurang dari 3 jam sehari.

“Penyebabnya bisa dilihat dari berbagai faktor, termasuk kebiasaan dan kelas sosial; atas, menengah, dan bawah. Kalangan ekonomi bawah harus kerja keras, jadi fisiknya aktif. Kalangan menengah kadang aktif, dan kalangan atas, saat semuanya serba ada, badan kurang dilatih untuk bergerak,” jelas Nano Oerip, Fitness Training Manager Fitness First usai peluncuran International Fitness Week 2011 di Senayan City, Jakarta, belum lama ini.

Pola hidup yang  tidak aktif meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, dan kolesterol. Kalori yang mengendap, terutama, bisa mengakibatkan diabetes tipe 2. Faktanya, 66 persen populasi Asia kena diabetes tipe 2 akibat obesitas yang tentu berawal dari kurang gerak. Indonesia sendiri masuk posisi keempat negara dengan penderita diabetes tipe 2 terbanyak, setelah China, India, dan Amerika Serikat.
Setelah tahu bagaimana manfaatnya olahraga bagi tubuh. Inilah olahraga tradisional asli indonesia :

  • Lompat Batu (Nias) 
Sejarahnya dahulu  suku-suku di pulau nias sering berperang karena terprovokasi oleh rasa dendam, perbatasan tanah, atau masalah perbudakan. Masing-masing desa kemudian membentengi wilayahnya dengan batu atau bambu setinggi 2 meter. Oleh karena itu, tradisi lompat batu pun lahir dan dilakukan sebagai sebuah persiapan sebelum berperang. biasanya sebelum melakukan tradisi lombat batu di buka dengan tari-tarian perang ala masyarakat Nias.

Kini tradisi lompat batu bukan untuk persiapan perang antarsuku atau antardesa tetapi sebagai ritual dan simbol budaya orang Nias. Pemuda Nias yang berhasil melakukan tradisi ini akan dianggap dewasa dan matang secara fisik sehingga dapat menikah
Atraksi hombo batu tidak hanya memberikan kebanggaan bagi seorang pemuda Nias tetapi juga untuk keluarga mereka. Keluarga yang anaknya telah berhasil dalam hombo batu maka akan mengadakan pesta dengan menyembelih beberapa ekor ternak.


  • Pencak Silat 
Nama Pencak dikenal di jawa timur dan Silat dikenal di sumatera dan kalimantan. Olahraga bela diri ini dahulu digunakan untuk untuk menjaga diri dan digunakan di kerajaan-kerajaan contohnya majapahit dan sriwijaya. Pada zaman kerajaan-kerajaan di indonesia silat dari sriwijaya yang terkenal karna mereka berhasil memperluas daerahnya sampai tanah jawa.
Silat. Setiap daerah indonesia memilki aliran seni berbeda-beda(sangat beragam).

  • Tarung Derajat

Adalah bela diri yang di ciptakan oleh achmad Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya dari setiap pertarungan di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung. Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai pelatihan dasar oleh TNI Angkatan Darat. "Aku Ramah Bukan Berarti Takut, Aku Tunduk Bukan Berarti Takluk", semboyan Tarung Derajat. "BOX!" adalah salam persaudaraan diantara anggota Tarung Derajat. Tarung Derajat menekankan pada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang. Namun, tidak terbatas pada teknik itu saja, bantingan, kuncian, dan sapuan kaki juga termasuk dalam metode pelatihannya. Tarung Derajat dijuluki sebagai "BOXER". Praktisi Tarung Derajat disebut "Petarung".

Sejak 1990-an, Tarung Derajat telah disempurnakan untuk olahraga. Pada tahun 1998, Tarung Derajat resmi menjadi anggota KONI. Sejak itu, Tarung Derajat memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional, sebuah kompetisi multi-olahraga nasional diselenggarakan setiap 4 (empat) tahun. Tarung Derajat utama asosiasi kodrat (Keluarga Olahraga Tarung Derajat) sekarang memiliki sub-organisasi di 22 provinsi di Indonesia. Setelah diperkenalkan pada 2011 SEA Games di Palembang, Indonesia, Tarung Derajat secara resmi disertakan pada SEA GAMES 2013 di Myanmar



Itulah beberapa olahraga tradisional indonesia semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar